Dokumentasi Phalcon PHP

Pengantar 

Ditengah berkembangnya bebagai framework PHP ada lagi satu nih yg muncul dgn ide SUPERRB!! revolusioner. Namanya adalah  PhalconPHP. Disebut revolusioner karena justru tidak ditulis dalam PHP (untuk versi 2.0 menggunakan Zephir). Kemudian di-compile  & ditambahkan sebagai modul webserver (apache).

Singkatnya, Framewok Phalcon berupa modul webserver & akan menyediakan class yg bisa diakses dalam PHP sebagai kerangka/framework dalam membuat aplikasi web.

Dgn cara seperti ini performa framework ngebut tingkat dewa. Karena inti framework langsung diload ke memori ketika apache hidup, serta tak ada proses include/require file yg banyak & menurunkan performa, sebagaimana umum di framework lain. Teman-teman bisa lihat perbandingannya disini atau boleh googling lah klo kurang yakin.

Untuk sarana belajar, saya sudah terjemahin semua Dokumentasi Phalcon PHP ke bahasa indonesia. Walau editan dr google translate, yg penting kita bisa cepet belajar & mempraktekan. Jangan sungkan untuk komen & berdiskusi.

please enjoy, absorb & apply 😀

Apa itu Phalcon? 

Phalcon adalah framework open source, lengkap untuk PHP 5 yang ditulis sebagai C-ekstensi (mulai versi 2.0 menggunakan Zephir), dioptimalkan untuk performa super extrim. Anda tidak perlu belajar atau menggunakan bahasa C/Zephir, karena fungsi2 didalamnya akan dikenali sebagai class PHP & siap untuk digunakan. Phalcon juga loosely coupled, tiap class-nya tidak saling bergantung, sehingga Anda bebas mengkombinasikan objek2nya, menggunakannya sebagai komponen perekat berdasarkan kebutuhan aplikasi Anda.

Phalcon tidak hanya tentang performa, tujuan kami adalah untuk membuatnya kuat, kaya fitur dan mudah digunakan!

Daftar Isi Dokumentasi 

Dokumentasi Phalcon Dalam Format lain 

Terjemahan dari : Dokumentasi Phalcon 1.3.0
http://docs.phalconphp.com/en/latest/index.html