Pengenalan Laravel

Mulai dari mana

Mempelajari framework baru bisa jadi menakutkan, tapi juga menyenangkan. Untuk mempermudah proses ini tim pengembang telah membuatnya dengan jelas, dokumentasi yg ringkas untuk Laravel. Berikut beberapa rekomendasi apa saja yg harus dipelajari pertama kali:

Setelah menelaah baik-baik dokumentasi tersebut, harusnya kamu sudah memahami dgn baik dasar penanganan request/response di dalam Laravel. Selanjutnya, cobalah untuk membaca konfigurasi database, fluent query builder, dan Eloquent ORM. Atau cobalah membaca autentikasi dan keamanan sehingga dapat membuat aplikasi dgn login sistem.

Filosofi Laravel

Laravel adalah framework aplikasi web dgn sintaks yg expresif dan elegan. Kami percaya bahwa mengembangkan aplikasi harusnya menyenangkan untuk mendukung kreatifitas. Laravel mencoba untuk menghilangkan pedihnya mengembangkan aplikasi dgn memudahkan fungsional yg umum digunakan oleh kebanyakan proyek web, seperti autentikasi, routing, session dan cache.

Laravel bertujuan untuk membuat proses coding menjadi menyenangkan bagi para pengembang tanpa mengorbankan fungsionalitas aplikasi yg dibuat. Developer yg bahagia menghasilkan code-code yg terbaik. Untuk itu, kami mencoba untuk menggabungkan apapun yg terbaik yg kami lihat pada framework lain, termasuk framework pada bahasa pemrograman lain. Seperti Ruby on Rails, ASP.NET MVC, dan Sinatra.

Laravel mudah diakses, namun jg powerful, menyediakan tool yg powerfull bagi aplikasi yg besar dan kuat. Sebuah kombinasi yang luar biasa dari control container, sistem migration yg gamblang, dan dukungan unit testing terintegrasi memberikan alat yang kamu butuhkan untuk membangun aplikasi.

Sumber Tambahan

Salah satu cara terbaik untuk mempelajari Laravel adalah menelaah baik-baik keseluruhan dokumentasi. Petunjuk ini menjelaskan setiap aspek di dalam framework dan bagaimana penerapannya dalam aplikasi yg dibuat.

Sebagai pelengkap, cobalah mencari beberapa buku tentang Laravel. Berikut beberapa buku tulisan anggota komunitas yg dapat menambah wawasan tentang framework ini:

Tim Pengembangan

Laravel dibuat oleh Taylor Otwell, yg terus memimpin pengembangan framework. Beberapa anggota aktif serta kontributor termasuk Dayle ReesShawn McCoolJeffrey WayJason LewisBen Corlett,Franz LiedkeDries VintsMior Muhammad Zaki, dan Phil Sturgeon.

Sumber: http://laravel.com/docs/introduction